Minimal Ikut Masak

"Gw capek! Smwa gw yg kerjain! Laki gw cm krja mkn tdr! Kagak bantu babar blas! Tp ya itu gw ga bs blg, gmn dong. Kl udh ktmu rasanya deg2an melulu gw tuh. Apa lg kl dia udh dktin muka ke muka gw. Aiihh.. Luluh smwa.. Gmn dong?"

Cepet-cepet gw pencet tombol kirim. Melayang deh tuh WA ke sahabat sejati gw. Dia yang paling ngenal gw. Cuma dia yang gw ceritain betapa capeknya gw di rumah. Pagi cuci baju, berangkat kerja macet-macet, pulang masih masak, cuci piring, kalo wiken nyapu ngepel rumah. Asal tahu aja ya ini rumah gede banget dan kita kagak punya asisten rumah tangga. 

Udah mau maghrib, bentar lagi laki gw pulang. Aduh, mana nih kompor kotor banget. Cepetan deh gw bersihin. Lantai dapur juga kecipratan minyak. Ribet amat dah. 

"Seliwar-seliwer sepedaan dalem rumah. Mandi gih! Belajar!"

"Iya, Bunda. Sante.. kagak ada PR."

Itu anak gw. Namanya Adek. Rambutnya emang selalu dikepang dua begitu. Kelas berapa ya dia? Kelas tiga kalo ga salah. Nama gw Bini. Nama laki gw Laki. Jangan salahin gw kenapa nama kita begitu. Tanya Emak Bapak gw dah. Tanya juga Emak Bapak laki gw.       

Sejak awal nikah, kelakuan laki gw selalu sama. Kagak pernah bantu-bantu. Masak, kagak. Cuci piring, kagak. Cuci baju, kagak. Nyikat lantai kamar mandi, kagak. Nyapu ngepel, kagak. Bisanya cuma kerja, pulang makan, terus tidur. Semua-semua gw yang kerjain. Mending kalo gw kagak kerja di kantor. Bisa ngaso di rumah. Tapi ini gw tetep disuruh kerja di kantor. 

Yang jadi masalah laki gw mah ganteng bener. Kalo udah ketemu, ilang dah semua kesel gw. Yang ada cuma luluh. Jatuh cinta bener gw tiap kali ketemu dia. Kagak bisa marah. Coba lu liat, ini foto laki gw, ganteng kan? Kumisnya, ya ampun, bikin lemes. Dada ama perutnya juga rata bener. Kalo laki gw udah mulai deketin muka ato peluk-peluk gw, ilang deh kesadaran gw. Rasanya pengen jatuh gitu aja ke pelukan dia. 

Pernah gw cari info di internet cara menegur suami tampan. Yang muncul mah malah cara nanganin suami ganteng yang hobi selingkuh. Malah ada situs yang ngelarang perempuan buat nikahin laki tampan. Buset dah, mana bisa gitu. Itu kan pilihan yak. Cinta mana bisa diatur. Lagipula laki gw mah setia. Dia cuma cinta sama gw. 

Yang paling bikin kepikiran adalah balesan WA sahabat gw. Tiap kali gw curhat, balesannya selalu sama. Dia bilang gw harus ngomong sama laki gw. Pas gw tanya gimana caranya, dia kagak bales. Resek deh. Dia sih beruntung punya laki yang mau bantu kerjaan rumah. 

Gw setuju sama sahabat gw ini. Emang pinter deh tuh orang. Paling bisa ngertiin perasaan dan pikiran gw. Nah, sekarang, caranya gimana yak nyampein ke laki gw supaya mau bantu urus rumah? Minimal ikut bantu masak aja deh.


Adek lagi selonjoran coret-coret di kertas sambil nonton kartun di TV. Gw baru aja ganti baju. Pake daster deh biar lega dikit. Rambut ama dandanan muka belum gw beresin. Entaran lah. Bentar lagi gw kudu masak. Laki gw pulang masih agak lama, ini masih jam setengah enam. Duduk bentar deh di deket Adek. 

Kemarin kekesalan gw meninggi lagi. Biar kata ganteng, pokoknya laki gw harus mau bantu kerjaan rumah. Kagak bisa gini terus. Bayangin, kemarin gw ada miting sampe jam sembilan malem. Sampe rumah, laki gw sama Adek langsung teriak minta makan. Belum ada makanan apa-apa di rumah. Sama sekali belum ada. Laki gw masak, kagak. Beli juga, kagak. Kagak tahu apa ya capeknya kerja di ibukota.    

"Adek.."

"Iya, Bunda?"

"Bunda capek. Pijetin dong, Nak."

"Sini, Bunda. Malem makan apa kita, Bunda?"

"Bentaran yak. Bunda istirahat bentar."

nyuit.. nyuit.. nyuit..


"Duuhh.. Enaknya.. Gambar apa itu, Nak, di lantai?"

"Oh, tadi aku iseng aja, Bunda. Nemu kerayon lama di lemari."

"Ooh.. Kamu bisa gambar jagoan, gak? Yang kayak Superman gitu."

"Bisa, Bunda."


Kagak tahu pikiran dari mana, mendadak gw dapet ilham, ide cemerlang bener. Gw mau minta tolong anak gw, Adek, buat negur laki gw. Adek akan gw minta buat ngegambar sosok Bunda jadi pahlawan super. Super Bunda. Tapi sendirian aja. Jangan ada Super Ayah di sampingnya. Ntar kan laki gw nanyain. Nah, dijawab deh tuh 'Bunda seharian kerja tapi masih bisa masak.' Hihihi, aduh, cemerlang bener dah ide gw. Jenius emang gw. Tapi.. Gimana ya.. Gw takut ketahuan. 

"Tapi jangan bilang-bilang Ayah yak, Nak! Janji!"

"Janji, Bunda."

"Sini, Bunda bisikin. Jadi, nanti Adek harus psst psst psst psssstt.."

Sumpah, deg-degan gila gw rasanya. Gimana kalo Adek lapor ke laki gw? Gimana kalo ternyata di rumah ini ada CCTV? Aduh, jangan-jangan sekarang dia lagi nontonin CCTV di hapenya? 

"Kagak jadi, Nak.."

"Yah? Gimana sih, Bunda?"

Gw nengok ke arah jam. Udah jam enam lima belas. Duh, gimana ini. Kalo kata orang mah its nau or never. Sekarang ato kagak sama sekali. Tapi gw takut kalo ketahuan.

"Beneran jangan bilang-bilang kalo Bunda yang ngajakin kamu ya, Nak?"

"Iya, Bunda."

"Janji?"

"Janji."

"Sumpah?"

"Sumpah, Bunda."

"Sekarang buru naik ke kamar, ambil kertas sama pensil. Bunda mau nulis."

Gw tulis di kertas itu kata-kata apa yang harus Adek omongin pas laki gw pulang nanti. Cepet-cepet banget gw tulis keburu laki gw pulang. Dada gw gemeter nahan nangis rasanya. Sambil buru-buru nulis, gw ngomong sendiri dalem hati 'Maafin Bunda ya, Ayah. Bunda ngelakuin ini karena sayang sama keluarga kita. Biar beban Bunda juga agak berkurang dikit. Kita kan bareng-bareng di rumah ini.'  

"Yak, selesai. Ini baca, latih deh sebentaran. Hapalin! Nanti pas Ayah pulang, ceritanya Adek lagi gambar jagoan, terus omongin kata-kata ini. Jangan ada yang salah ya!"

"Iya, Bunda."

"Inget, jangan bilang-bilang Ayah ya!"

"Iya, Bunda."

Oh, pas Adek ngomong nanti, gw harus pas lagi masak. Eh, jangan pake daster, harus pake baju kantor biar lebih drastis.. eh, dramatis. Oke, gw ganti baju kantor lagi. Mana tadi tuh baju? Oke, sekarang nyicil masak.


"Psst, Nak! Nak! Adek! Udah siap?" 

"Udah, Bunda."

"Oke."

Gw narik napas panjang. 

"Nah, itu Ayah pulang!"

Comments

Popular posts from this blog

Terima Kasih Ahok!

Perjalanan Ananda dan Kehadiran Sang Idola

Dasar Kamu Enggak Normal!